Jumat, 01 April 2011

AWAS!!! Bahaya Memegang Mouse


Mouse merupakan salah satu komponen umum dari perlengkapan komputer yang membantu orang menggunakan komputer lebih cepat dan lebih mudah. dengan mouse kecepatan operasi pengguna juga bisa bertambah. Olehnya itu sebagian besar pengguna komputer masih menggunakan mouse sebagai piranti input yang utama, khususnya di perkantoran yang menggunakan PC, mouse telah menjadi perlengkapan kantor yang standar. 
Alasan utama mengapa menggunakan mouse secara rutin bisa berbahaya adalah karena dengan menggunakan mouse kita perlu melakukan pergerakan kecil yang tepat dengan tangan, jari-jari, dan ibu jari. Dengan \ pengaturan posisi, penyeretan, scrolling, dan mengklik mouse terus menerus, otot-otot kecil bisa menjadi lelah dan overload. Ini bisa menyebabkan:
  • Nyeri pada bagian atas tangan
  • Nyeri di sekitar pergelangan tangan
  • Nyeri di sepanjang lengan bawah dan siku
  • Mati rasa pada ibu jari dan jari telunjuk yang bisa berkembang menjadi Sindrom Carpal Tunnel.
Sindrom carpal tunnel terjadi apabila saraf medianus tertekan pada pergelangan tangan. Ketika saraf ini menjadi rusak, tangan dan pergelangan tangan akan menjadi sangat sakit atau mati rasa. Sindrom ini sangat terasa pada ibu jari dan jari telunjuk dan menyebabkan peletihan otot. Sekalipun sindrom ini tidak fatal, tetapi bisa mengarah pada kerusakan saraf medianus yang tidak dapat disembuhkan dimana konsekuensinya adalah lumpuhnya tangan jika tidak diobati.
“penelitian menunjukkan bahwa orang yang menggunakan mouse lebih dari 20 jam setiap pekan memiliki risiko yang 2,6 kali lebih besar untuk mengalami sindrom carpal tunnel”

  nah kalau kita berapa jam dalam sepekan menggunakan mouse??
akibat dari sindrome ini adalah tangan menjadi sering kesemutan dan terkadang agak sulit untuk digerakkan dikarenakan ada sebagain syaraf yang terhimpit oleh carpal yang terbentuk pada bantalan tangan.
bisanya kalau sudah terkena penyakit ini penderita pada umumnya melakukan operasi untuk membuang carpal yang ada.
















untuk mencegah terjadinya sindrome ini mulailah untuk memegang mouse dengan cara yag benar.

atau kita juga bisa membeli sarung tangan khusus anti sindrome carpal












atau cara yang paling mudah adalah dengan mengistirahtakan sejenak tangan setelah menggunakan mouse selama 40 menit.. kemudian di iringi dengan senam kecil untuk meregangkan otot tangan.

Ulurkan kedua tangan ke depan dengan kuat sampai lurus dan angkat kedua pergelangan tangan dan jari-jari tangan hingga dalam posisi tegak lurus dengan uluran tangan. Tahan sampai 5 kali hitungan.
Luruskan kedua pergelangan tangan dan lemaskan jari-jari tangan selama 5 kali hitungan.
Kepalkan kedua telapak tangan. Tahan sampai 5 kali hitungan.
Selanjutnya bengkokkan kedua pergelangan tangan ke bawah sambil tetap mengepal. Tahan sampai 5 kali hitungan.
Luruskan kembali pergelangan tangan, buka kepalan dan lemaskan jari-jari sampai 5 kali hitungan.
Ulangi setiap gerakan 10 kali lalu biarkan kedua lengan anda tergantung bebas dan goyang-goyangkan selama beberapa detik.

3 komentar:

  1. nice posting kakaaak..
    main2 juga ke blog aku yaaa bai :D

    BalasHapus
  2. pernah baca bai di kaskus, persis! hehee..

    blogjumping yah ke angsajenius :D

    BalasHapus